Sambut Kedatangan Santri : Momentum Bahagia Sekaligus Haru Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo

Tidak ada komentar


Gambar 1. Abadikan kebahagiaan foto bersama keluarga di stand Photobooth 

Magetan, Ar-Rohman Media. Antusias para orang tua tampak begitu luar biasa, hal ini terlihat dari hadirnya ratusan santri baru dari beragam wilayah. Mulai dari Magetan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Sidoarjo, Surabaya, bahkan hingga Makassar. Hal ini membuktikan bahwa syiar Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo seiring berjalannya waktu semakin meluas. 

Penyambutan kedatangan santri baru, menjadi kegiatan wajib yang setiap tahun terlaksana. Tidak hanya di lingkungan pesantren, keramaian hilir mudik kedatangan santri beserta orang tua juga terjadi di lembaga formal MTs Ar-Rohman maupun SMK Ar-Rohman. Pagi ini sesuai alur yang telah disepakati, terlebih dahulu seluruh santri daftar ulang di madrasah formal masing-masing, setelah itu mereka diarahkan untuk melakukan daftar ulang di pesantren. "Koordinasi antar lembaga alhamdulillah terjalin dengan baik, sehingga rangkaian prosedur penerimaan santri baru dapat berjalan dengan lancar dan efisien," tutur Ustadz Awalludin Ma'ruf, kepala MTs Ar-Rohman Tegalrejo (Sabtu,15/07/2023). 

Gambar 2. Wali santri baru melakukan daftar ulang di MTs Ar-Rohman 

Pagi ini kami dikejutkan dengan salah satu kesan yang disampaikan oleh wali santri baru terhadap Ponpes Ar-Rohman. "Awal mula rasa tertarik anak saya untuk memilih Ponpes Ar-Rohman ini bermula dari pentas seni yang digelar dalam rangkaian acara Isti'radul Fany (IF) tahun lalu," ungkap Bapak Wahyono wali santri dari Arya Aji Dinata dari Ponorogo. Beliau juga menyampaikan berawal dari itulah kemudian mencoba mencari informasi tentang Ponpes Ar-Rohman dan lembaga formal MTs Ar-Rohman, hingga akhirnya merasa tertarik dan mendukung keinginan anaknya untuk mondok di Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo. 

Rasa bahagia sekaligus bangga juga disampaikan oleh wali santri yang sudah genap satu tahun ini putranya mondok di Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo. "Alhamdulillah setelah mondok di Ponpes Ar-Rohman banyak sekali perubahan pada anak saya, semakin rajin sholat lima waktu, semakin lancar membaca Al-Quran, dan lebih sopan kepada orang tua," ungkap Bapak Iwan ayah dari ananda Fajar Badruddin. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan dan bimbingan yang diterima segenap santri di Ponpes Ar-Rohman layak untuk dipertimbangkan para orang tua. Semoga kedepan Ponpes Ar-Rohman dan lembaga formal MTs Ar-Rohman maupun SMK Ar-Rohman semakin lebih baik lagi dalam hal kualitas, fasilitas maupun pelayanannya. Sehingga terus konsisten melahirkan santri-santri yang membanggakan orang tua dan mampu menjadi figur teladan di masyarakat.


Gambar 3. Registrasi dan pengecekan kelengkapan berkas pendaftaran santri mukim

Momentum haru menyelinap ketika orang tua usai mengantarkan putra putrinya untuk sowan ndalem dan dengan berat hati harus merelakan untuk sejenak berpisah dengan putra putri mereka. Air mata tertumpahkan, ketika lisan sudah tak mampu untuk ungkapkan seperti apa beratnya merelakan. Namun, disaat seperti inilah para orang tua diuji seberapa besar rasa cinta dan sayang kepada putra putrinya. Demi masa depan gemilang, menjadi putra putri yang membanggakan bagi orang tua, agama, dan bangsa maka memilik untuk mondok adalah salah satu pilihan terbaiknya. 

Dokumentasi Video



Tidak ada komentar

Posting Komentar