Wisuda Hafidz Quran : Momentum Lahirnya Penghafal Al-Quran dari Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo

Tidak ada komentar

Gambar 1. Santri yang telah menyelesaikan isti'maul quran 30 juz. 

Magetan, Ar-Rohman Media - Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo telah sukses menggelar acara Wisuda Hafidz Quran. Tiga santri telah tuntas menyelesaikan isti'maul quran 30 juz, atas nama Alya Sartika, Ulfa Rosyidah, dan Annas Satria Ananta. Ragam apresiasi menarik diberikan. Beasiswa pendidikan kuliah S1 menjadi salah satu reward yang membahagiakan, (Sabtu, 13/05/2023). 

Acara Halal Bihalal dan Wisuda Hafidz Quran terkemas dengan meriah. Antusias para wali santri sangat luar biasa malam ini. Bagaimana tidak bangga, berkesempatan menghadiri sekaligus menyaksikan putra putri tercinta yang telah istiqomah berjuang menempuh pendidikan di pesantren menjadi salah satu sumber kebahagiaan yang luar biasa pastinya.

Gambar 2. Segenap tamu undangan yang menghadiri acara halal bihalal dan wisuda hafidz quran

Tahfidzul Quran menjadi salah satu dari dua takhossus yang menjadi unggulan dari Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Takhossus Tahfidzul Quran dan Fahmut-Turats, yaitu mencetak para penghafal Al-Quran dan ahli kitab kuning yang siap berkiprah di masyarakat. 

"Bahwasannya yang berat itu bukan menghafalkan Al-Quran tetapi istiqomah muraja'ah menjaga hafalan," tutur Kyai Muhammad Ridlo Rifa'i sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Setelah hafalan Al-Quran maka tanggung jawab seorang hafidz adalah berusaha memahami makna dan tafsir dalam Al-Quran tersebut, serta berusaha semaksimal mungkin untuk bertindak dan berakhlak qurani sebagai pengamalan dari pedoman serta petunjuk isi kandungan Al-Quran, pesan beliau dalam sambutan singkat malam ini.

Gambar 3. Penyerahan penghargaan beasiswa pendidikan kuliah S1 

Tepat pukul 19.30 WIB kegiatan dimulai. Lantunan sholawat bersama tim banjari Wahasynal Mustofa, sebagai tanda dimulainya acara. Selain mengapresiasi ketiga santri yang telah menyelesaikan istima'ul quran 30 juz. Sebanyak 54 santri Takhossus Hafidzul Quran turut serta diapresiasi. Seluruh tamu yang hadir tampak larut dalam suasana bahagia yang penuh haru. Bahkan, ada yang hingga teteskan air mata ketika menyaksikan putra putrinya berhasil menggenggam sertifikat penghargaan. Orang tua mana yang tidak bangga, kelak putra-putri mereka akan persembahkan mahkota untuknya di surga. 

Gambar 4. Apresiasi santri takhossus hafidzul Quran

Usai prosesi wisuda, acara dilanjutkan dengan usai prosesi wisuda acara dilanjutkan dengan Mauidhoh Khasanah Bersama KH. Marhaban Al Hafidz. Beliau adalah Rois majlis ilmiah, jamiyyatul qurra’wal huffadz PCNU Kabupaten Magetan. Selain dihadiri oleh keluarga besar Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo, Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) Nguntoronadi juga turut hadir. "Alhamdulillah, terima kasih kepada Ustadz dan Ustadzah Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Sebagai orang tua kami merasa bangga dan bersyukur anak kami berkesempatan menempuh pendidikan di pesantren ini. Semoga semua pencapaian ini mampu memotivasi selururh santri untuk lebih semangat dan istiqomah menghafal Al-Quran," ungkap Bapak Sukemi Bapak dari Ananda Alya Sartika yang ditemui malam ini. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar