MERAIH BERKAH, DALAM MOMENTUM JUMAT PUNGKASAN

Tidak ada komentar

 

Gambar. 1
 Jamaah Mulai Memadati Halaman Sekitar Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo

Jum'at Pungkasan merupakan salah satu momen berkumpulnya putra wayah Eyang Panembahan KH. Abdurrohman di Masjid Ageng KH. Abdurrohman Tegalrejo (Kamis, 16/03/2023). Yang dimaksud putra-wayah disini adalah semua dzurriyah (anak-cucu) secara nasab dari beliau maupun dzurriyah (anak-cucu) secara keilmuan. Kegiatan ini dilaksanakan pada malam Jum'at terakhir di bulan Sya'ban. 

Lalu lalang segenap santri dan jamaah memadati halaman Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo Semen Nguntoronadi Magetan. Suasana penuh kedamaian senantiasa dapat dirasa. Jamaah yang hadir tidak hanya hadir dari Kabupaten Magetan saja, tetapi juga lintas kabupaten. Bus, mobil, dan sepeda motor memadari area parkiran sekitar ponpes. Semua tertata dengan rapi karena terkoordinir dengan baik oleh segenap panitia kegiatan. 

Gambar. 2
Seluruh Jamaah dan Santri Mengikuti Rangkaian Acara Jumat Pungkasan 

Kegiatan diawali dengan Ziarah ke makam, kemudian dilanjutkan sholat Maghrib berjama'ah. Karena antusias yang begitu luar biasa. Masjid tidak mampu menampung seluruh jamaah. Halaman kantor yayasan dan ponpes turut serta tergelar puluhan karpet. 

Kegiatan dilanjutkan dzikir Fida' rutin malam jum'at, dilanjutkan sholat isya' berjamaah. Setelah Sholat Isya' dan istirahat sejenak, barulah acara inti dimulai. Diawali dengan dzikir Istighfar-Sholawat, kemudian pembukaan acara, lalu  sambutan dan pesan dari Kyai Nadzir Tegalrejo. Menyambung silaturahmi, mendengarkan kembali dawuh-dawuh guru dan sesepuh Tegalrejo. Mendengarkan informasi penetapan awal Ramadhan, menguatkan keimanan serta persiapan menyambut bulan suci Ramadhan merupakan inti dari materi yang disampaikan. Tidak lupa saling berjabat tangan untuk bermaaf-maafan turut serta dilakukan. 

Gambar. 3
Menyantap Ambeng dalam Bingkai Kebersamaan 

Rangkaian acara selanjutnya dzikir dan tahlil mengirimkan do'a kepada Allah SWT untuk Panembahan KH. Abdurrohman beserta purta-wayahnya. Menyantap bersama sajian ratusan ambeng (nasi yang dikemas dalam nampan dengan berbagai lauk khas) merupakan rangkaian acara pamungkas dalam kegiatan Jumat Pungkasan. 

Gambar. 4 
Ramah Tamah di Pendopo Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo


Video Dokumentasi Kegiatan Jumat Pungkasan Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo



Tidak ada komentar

Posting Komentar