Bulan Rajab : Menilik Keutamaan, Ibadah, dan Doa pada Bulan Penuh Keistimewaan

Tidak ada komentar

 


1 Rajab 1444 H jatuh pada Senin, 23 Januari 2023. Alhamdulillah, seluruh umat islam di seluruh dunia telah merasakan kembali nikmat bulan Rajab. Rajab adalah satu dari empat al asyhur al-hurum atau bulan-bulan haram, bulan-bulan yang suci dan mulia, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang memiliki keistimewaan, maka sebagai umat islam dianjurkan untuk melaksanakan berbagai ibadah yang lebih dibandingkan bulan-bulan lainnya. 

Keutamaan bulan Rajab ialah malam satu Rajab adalah salah satu malam yang mustajab bagi doa. Pada bulan Rajab sebagai umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan amal kebaikan dan ketaatan. Amal-amal yang dianjurkan tersebut salah satunya ialah memperbanyak puasa pada bulan Rajab. Hal tersebut sebagaimana dianjurkan juga berpuasa pada bulan-bulan yang lain seperti, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Rasulullah Saw memberi petunjuk dalam pelaksanaan puasa pada bulan-bulan istimewa seperti halnya bulan Rajab, hendaknya tidak dilaksanakan secara terus menerus. Puasa pada bulan-bulan istimewa tersebut hendaknya dilaksanakan dengan memberikan jeda waktu. Puasa dapat dilaksanakan dengan cara tiga hari berpuasa, tiga hari berbuka, atau tiga hari berpuasa berturut-turut selanjutnya diberi jeda satu atau dua hari untuk berbuka kemudian memulai lagi berpuasa tiga hari. 

Berpuasa Rajab tidak ada batasan berapa hari yang baik untuk dilaksanakan, namun menyesuaikan dengan batas kemampuan setiap orang. Puasa dapat dilaksanakan satu hari, tiga hari, satu minggu, dua minggu, atau bahkan satu bulan penuh. Salah satu keutamaan berpuasa pada bulan-bulan istimewa seperti bulan Rajab ialah satu hari berpuasa lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selainnya.

Selain itu, selama bulan Rajab juga dianjurkan memanjatkan doa yang cukup popluer di kalangan umat Islam sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Saw yaitu : 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغنَا رَمَضَانَ

(Allâhumma bâriklanâ fî rajaba wa sya’bâna wa ballighnâ ramadhâna)

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban, dan pertemukanlah kami pada bulan Ramadhan.”

Demikian sedikit penjelasan mengenai keutamaan bulan Rajab, ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan, dan doa yang sangat dianjurkan untuk dipanjatkan selama bulan Rajab. Semoga pada bulan Rajab ini seluruh umat Islam diberikan kemudahan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah.

Tidak ada komentar

Posting Komentar