Sajian Unggun Gembira Perkemahan Pramuka Penegak Bantara SMK Ar-Rohman Tegalrejo

Tidak ada komentar

Di tengah-tengah hutan
Dibawah langit biru
Tenda terpancang ditiup (sang bayu) 2x
Dasa darma dan tri satya pramuka berkumandang
Adik-adik berseragam coklat berbaris rapi di lapangan
Salam Pramuka . . .


Gambar 1. Upacara Pembukaan Perkemahan

    Tanggal 27 s.d. 29 Juni 2022 diadakan kemah dalam rangka pelantikan pramuka penegak bantara gugus depan 17.041 - 042 Ambalan Ki Bagoes Bantjalana dan Nyi Ageng Serang pangkalan SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Perkemahan ini berlangsung selama 3 hari dan dilaksanakan di lapangan Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Peserta dalam acara ini yaitu adik-adik kelas X yang dibagi dalam 9 sangga, sedangkan kakak kelas XI serta alumni bertugas sebagai panitia. 

    Giat perkemahan ini bertema Pramuka Berkarakter, Bersaudara, Berinovasi dan Berkreasi. “Sesuai dengan tema tersebut dimaksudkan agar adik-adik ketika melaksanakan kemah dan sesudah melaksanakan kemah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, memperkuat tali persaudaraan, serta  menjadi pribadi yg berinovasi dan berkreasi tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat.”, ungkap Kak Muh Amri Cahyadi, M.E. selaku Kamabigus. Kegiatan perkemahan ini terdapat dalam butir SKU (Syarat Kecakapan Umum) untuk naik tingkat ke bantara harus mengikuti perkemahan selama 3 hari berturut-turut, oleh karena itu pembina melaksanakan kemah tersebut agar adik-adik kelas X dapat dilantik menjadi pramuka penegak tingkat bantara. 

    Perkemahan ini dibuka oleh Kamabigus, Kak Muh Amri Cahyadi, M.E. pada Senin, 27 Juni 2022 pukul 17.00 WIB dan dihadiri oleh semua kakak pembina dari dewan guru SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Setelah acara pembukaan dilanjut ishoma dan giat uji SKU oleh Kak Pono dari Pusdiklat Kwarcab Magetan sebagai penanggungjawab giat. 

    Hari kedua diawali dengan giat senam pagi yang diikuti oleh adik-adik, kakak pembina serta masyarakat sekitar. Antusias warga sekitar sudah nampak ketika giat senam pagi, mereka antusias mengikuti tiap gerakan senam dengan penuh semangat karena ini merupakan hal baru bagi mereka. Selanjutnya adik-adik melakukan bersih diri dilanjut dengan giat penjelajahan. Giat tersebut dimulai pukul 08.00 WIB s.d. 11.00 WIB. Ketika pelaksanaan kegiatan penjelajahan, adik-adik melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar untuk melatih jiwa sosialsasi adik serta mengamalkan dasa darma pramuka “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”. 

Gambar 2. Giat Penjelajahan

    Masih di hari kedua menuju senja, kakak panitia sibuk menyiapkan kelengkapan unggun gembira dan pentas seni. Antusias warga mulai tampak kembali pada sore menjelang malam tersebut. Pantas saja, banyak warga sekitar yang merasa antusias, semangat, dan menantikan acara ini karena sudah 2 tahun semenjak pandemi covid-19 tidak ada hiburan bagi mereka. Acara unggun gembira dan pentas seni dimulai pukul 20.00 WIB dan dibuka oleh Kak Yoga Prismanata, M.Pd. selaku pembina upacara unggun gembira. Api unggun mulai menyala diiringi dengan nyanyian “Api kita sudah menyala, api kita sudah menyala, api api api api api, api kita sudah menyala” oleh semua peserta unggun gembira dan masyarakat sekitar. Mereka bersorak riang gembira menyambut nyala api unggun gembira tersebut.

Gambar 3. Antusias Masyarakat Menikmati Unggun Gembira

    Kegiatan puncak semakin meriah ketika penampilan pentas seni tiap-tiap sangga bersamaan dengan atraksi kembang api yang menghiasi langit bumi perkemahan Nguntoronadi. Pentas seni yang ditampilkan antara lain banjari, sing a song, dance, senam semaphore, seni silat dan puisi berantai. Penampilan yang paling meriah ketika senam semaphore karena adik-adik mengkombinasi gerakan semaphore dengan musik yang telah dikompilasi dari beberapa lagu yang begitu apik. Hal tersebut mencerminkan jiwa kreatif adik-adik dalam menyuguhkan sajian pentas seni yang spektakuler. Unggun gembira dan pentas seni ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Ar-Rohman Tegalrejo, perwakilan Kwarcab Magetan, Kapolsek Nguntoronadi, Perangkat Desa Nguntoronadi, Pembina Pramuka MTs Ar-Rohman Tegalrejo dan Pembina Pramuka SMPN 1 Nguntoronadi. Tamu undangan merasa terhibur dengan tampilan adik-adik pramuka penegak.

Gambar. Upacara Penutupan


Tidak ada komentar

Posting Komentar