Khutbatul Iftitah 2022: Mengawali Langkah Baru Setelah Pandemi

Tidak ada komentar
Gambar. Pelaksanaan Khutbatul Iftitah Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo

Khutbatul Iftitah menjadi salah satu kegiatan apel tahunan yang menjadi ajang pengenalan rangkaian program pembelajaran yang akan santri dapatkan selama satu tahun ke depan. kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu alternatif untuk mengenalkan lingkungan pondok pesantren bagi santri baru. Dengan mengenakan seragam hitam putih segenap santri tampak dengan wajah berseri. Tampaknya mentari bersahabat pagi ini, kemilaunya isyaratkan kedamaian. Sesekali, semilir angin pagi hembuskan hawa dingin. Riuh derap langkah kaki tampak jelas memadati halaman. Tahun ini kegiatan apel khutbatul iftitah bertempat di halaman SMK Ar-Rohman Tegalrejo.

Gambar. Pengibaran Bendera Merah Putih

Kegiatan apel dimulai tepat pukul 07.30 WIB. Seluruh peserta telah bersiap di halaman. Aba-aba "Siap Gerak!" terdengar lantang dan tegas sebagai tanda apel telah siap dimulai. Pasukan Paskibra tampak telah bersiap untuk menampilkan kreativitas mereka. Turut serta tampak tim paduan suara telah bersiap untuk menyerukan suara merdu mereka. Singkatnya waktu untuk berlatih tidak menghalangi semangat segenap petugas dalam kegiatan apel pagi ini.  Kegiatan apel tahun ini tidak hanya diikuti oleh segenap santri baru saja, tetapi seluruh Ustadz dan Ustadzah keluarga besar Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo juga turut serta hadir. Tidak ketinggalan para sesepuh dan simpatisan Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo juga turut serta hadir dalam kegiatan ini. 

"Syukur Alhamdulillah meskipun hanya memiliki waktu sekitar 6 jam untuk latihan, tampaknya tim Paskibra dari Pengasuhan Putri sudah bersiap untuk tampil memukau", ungkap Ustadzah Fresy yang ditemui ditengah kesibukannya. Segenap santri dan seluruh peserta apel mengikuti jalannya kegiatan dengan khidmat. "Selamat datang segenap santri baru Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo, kalian adalah utusan Allah SWT yang digerakkan hatinya, dimantapkan hatinya untuk memutuskan mondok di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Maka jagalah niat dan tanggung jawab itu dengan baik, mantapkan niat dan tentunya saling menyemangati satu sama lain", tutur Ustadz Muhammad Ridlo Rifa'i, Pengasuh Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo dalam sambutanya pagi ini (Ahad, 17/07/2022). Segenap santri begitu termotivasi dengan amanat tersebut. Di lembaga formal MTs dan SMK, pengelolaan sistem pembelajaran telah tersusun dengan baik. Tidak ketinggalan pula di Pengasuhan Santri, kurikulum dan ragam kegiatan yang akan dijalankan santri selama satu tahun pelajaran ke depan juga telah tersusun dengan rapi. 

Gambar. Amanat dari Ustadz Muhammad Ridlo Rifa’I, Lc.M.Pd

Mubes (Musyawaha Besar), Raker (Rapat Kerja) antar lembaga dan internal lembaga juga telah dijalankan. Semoga semua program yang telah tersusun dapat berjalan dengan lancar dan membawa kemajuan untuk segenap santri dan keluarga besar Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. "Tugas Ustadz dan Ustadzah yang ada di lembaga selain membimbing segenap santri, juga menguatkan dan mengingatkan kembali niat awal segenap santri yang belajar di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo ketika ditengah perjalanan dalam belajar nanti menemui kendala", tutur Ustadz Ridlo diakhir amanatnya. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar