KEMILAU PRESTASI SANTRI DALAM KEGIATAN MUSABAQOH MEMERIAHKAN HSN 2021 KABUPATEN MAGETAN


Apa kabar santri? Masih semangatkah kalian untuk ukir prestasi? Pondok pesantren bagian dari budaya bangsa Indonesia. Santri tidak hanya bisa mengaji, tetapi juga siap berprestasi. Padatnya jadwal kegiatan di pesantren, tidaklah menjadi penghalang segenap santri untuk semangat kembangkan bakat. Dalam rangka menjalin silaturahim antar pondok pesantren dan mewadahi ragam bakat terbaik santri. Maka tercetuslah sebuah ide gemilang FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren) dan RMI NU (Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama) Kabupaten Magetan untuk mengadakan serangkaian kegiatan yang terkemas secara menarik. 

Pagi ini ratusan santri dari puluhan pondok pesantren hilir mudik memadati halaman pondok pesantren Ar-Rohman. Tampak raut muka ceria terlukis indah. Goresan senyum yang mendamaikan terpancar indah diantara mereka. "Semoga serangkaian acara hari ini berjalan lancar," ungkap Ustadz Aydi Abdil  disela-sela briefing panitia pagi (20/10/2021). 

Kegiatan berjalan dengan lancar. Terlebih dahulu para peserta melakukan pendaftaran dan menyerahkan berkas persyaratan lomba kepada panitia pelaksana. Tepat pukul 08.00 WIB kegiatan dimulai. Musabaqoh qiroa'tul Kutub (Ula dan Wustho), Musabaqoh Tilawatil Qur'an, Musabaqoh Hifdzul Qur'an (Ula dan Wustho), Musabaqoh Syarhil Qur'an, Kaligrafi Kontemporer, Sholawat & Lalaran Aqidatul Awam, dan Film Santri, inilah ragam kompetisi yang dihadirkan. Tidak disangka antusias para peserta sangat luar biasa. hal ini terlihat dari jumlah peserta yang ikut serta di setiap cabang lomba yang ada. Jiwa kompetisi dan keterampilan yang mereka tampilkan sangat luar biasa. 

Tepat pukul 15.00 WIB upacara penutupan dilaksanakan. lantunan lagu Indonesia Raya, Hari Santri Nasional, dan Yalal Wathon di senandungkan dengan Indah oleh seluruh peserta upacara dan tamu undangan yang hadir. "Apresiasi terbaik untuk segenap santri. Ragam prestasi terukir, semoga tahun depan dapat terselenggara kegiatan yang lebih menarik lagi," tutur Ustadz Muhammad Ridlo Rifai, Lc. M.Pd  selaku ketua FKPP sekaligus pengasuh ponpes Ar-Rohman Tegalrejo. Sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini, ragam persiapan dilakukan oleh segenap Ustadz dan Ustadzah ponpes, MTs, dan SMK Ar-Rohman Tegalrejo. Kepala Kemenag Kabupaten Magetan, Kasi PD Pontren, FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), dan Pegadaian Syariah (salah satu sponsor kegiatan) turut serta menghadiri acara. 

Terima kasih untuk FKPP yang sudah menyelenggarakan kegiatan yang sangat menarik dan layak diapresiasi ini. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat mewadahi dan mengembangkan bakat terbaik para santri, disampaikan oleh Kankemenag Kab. Magetan disela sambutannya. 

Waktu yang ditunggu telah tiba. Pengumuman pemenang disetiap cabang kompetisi. Riuh terdengar saat panitia mengumumkan kejuaraan. Sorak kemenangan menggema. Dalam kompetisi bergengsi ini PPTQ Bani Ali Mursyad berhasil meraih predikat juara umum. Predikat juara 1 film santri dokumenter berhasil diraih oleh ponpes Ar-Rohman Tegalrejo. tidak hanya itu, predikat juara 2 seni kaligrafi kontemporer  juga diraih salah satu santri terbaik ponpes Ar-Rohman atas nama Serli Tiyananda. Tidak ada usaha yang tersiakan, walaupun dibeberapa cabang kompetisi ponpes Ar-Rohman belum berhasil meraih predikat juara. Namun, ini bisa menjadi salah satu pijakan untuk semangat berkarya dan tidak berputus asa. Justru keberhasilan yang diawali dari kegagalan, itulah yang mampu tumbukan mental pejuang. Salam semangat untuk segenap santri. 

JURNALISTIK AR-ROHMAN TEGALREJO MEDIA 

0 Komentar