RAHASIA SUKSES SANTRI PONPES AR-ROHMAN PODCAST MENARIK BERSAMA SEKJEN OPOP DAN KOMINFO JAWA TIMUR

 


Santri tidak hanya pintar mengaji. Akan lebih menarik jika dilengkapi dengan bekal kreatif terutama di bidang bisnis. Pondok pesantren Ar-Rohman Tegalrejo Magetan Jawa Timur salah satu ponpes yang tengah asik mengadakan kegiatan podcast bersama tim OPOP dan kominfo Jawa Timur. Setelah sukses memeriahkan Expo OPOP (One Pesantren One Product) 2020 di Surabaya. Hadir dalam pameran produk UMKM Dinkop Magetan. Kini ponpes Ar-Rohman berkesempatan mendapatkan kunjungan secara langsung dari sekjen OPOP Jawa Timur. Ini sebuah apresiasi yang luar biasa, bukan?

Podcast dimulai jam 13.00 WIB. Acara berlangsung secara meriah dengan menghadirkan narasumber Ustadz Muhammad Ridlo Rifa’i Lc., M.Pd. selaku pengasuh ponpes Ar-Rohman dan Ustadz Arifa Satria Wiwaha, S.Pd. selaku pengelola unit usaha. Acara ini dipandu langsung oleh Bapak Muhammad Ghofirin selaku sekjen OPOP Jawa Timur.



“Rahasia Sukses Santri” tema yang dipilih dalam podcast hari ini. “Kami merasa bersyukur dan bangga atas apresiasi yang diberikan tim OPOP Jawa Timur kepada  ponpes Ar-Rohman dengan mengadakan kegiatan ini,” ungkap Ustadz Arifa selaku pengelola unit usaha ditengah perbincangannya (kamis, 26/08/2021). Acara berlangsung dengan meriah. Pembahasan dimulai dengan penjabaran sejarah singkat berdirinya ponpes Ar-Rohman yang disampaikan oleh Ustadz Ridlo. Tidak disangka berdirinya ponpes Ar-Rohman memiliki sejarah yang sangat menarik.

OPOP merupakan sebuah program yang mendorong pesantren untuk memulai mengembangkan keterampilan di dunia bisnis. Black garlic salah satu produk ponpes Ar-Rohman yang menjadi unggulan dan berhasil menarik hati dan perhatian para konsumen. “Saya bangga dan senang ada pesantren yang geliat ekonominya nyata,” tutur Bapak M. Ghofirin. Ponpes Ar-Rohman terbukti mampu mencipta ragam produk herbal. Tidak hanya Black Garlic dan madu bawang lanang, namun ragam minuman herbal juga dihadirkan. Kojah (kopi jahe merah), jeko (jahe kacang ijo), beras kencur, jahe merah, kunyit asem, kunyit putih, dan temu lawak.




Tim jurnalistik artmedia MTs Ar-Rohman turut serta dengan mengadakan peliputan berita di tengah acara. Bahkan berkesempatan mewawancarai secara live Bapak Muhammad Ghofirin. Ragam pertanyaan dihadirkan. Bahkan ada tips yang sangat menarik yang disampaikan beliau agar produk herbal ponpes Ar-Rohman mampu bersaing di pasar lokal dan internasional. Penjualan produk harus dilakukan secara online dan offline. 

OPOP Jawa timur sudah menyiapkan sebuah aplikasi untuk memasarkan produk OPOP secara online, OPOP Mart. Cukup dengan download aplikasi OPOP Mart di playstore maka kenyamanan pembelian dan pemesanan akan konsumen rasakan. Pemesanan juga bisa dilakukan melalui Instagram @tejogarlic, Facebook tejo black garlic, maupun melalui whatsApp 0811-3022-15. Untuk pembelian dan pemesanan ragam produk tersebut bisa dilakukan secara offline dengan mengunjungi kopontren Ar-rohman. 

“Selamat dan sukses atas usaha yang dikembangkan pondok pesantren Ar-Rohman. Produknya bagus manfaatnya banyak insyaallah ke depan semakin sukses dan berjaya. OPOP pesantren berdaya masyarakat sejahtera,” tutur Bapak M. Ghofirin menutup acara podcast hari ini.   

JURNALISTIK ARTMEDIA MTs AR-ROHMAN

0 Komentar